Cari Blog Ini

Rabu, 07 Juli 2010

Dokumen Rahasia Tegaskan Kemitraan AS-Israel dalam Hal Senjata Nuklir


Radio Angkatan Darat Israel melaporkan pada hari Rabu kemarin (7/7) bahwa Amerika Serikat telah mengirimkan dokumen rahasia kepada Israel yang berisi komitmen untuk kerjasama nuklir antara kedua negara.

Menurut Radio Angkatan Darat, AS dilaporkan telah berjanji untuk menjual bahan dasar kepada Israel yang digunakan untuk menghasilkan listrik, serta teknologi nuklir dan perlengkapan lainnya, meskipun fakta bahwa Israel bukan penandatangan Nuclear Non-Proliferation Treaty.

Negara-negara lain menolak untuk bekerja sama dengan Israel tentang masalah nuklir karena Israel belum menandatangani NPT, ditengah meningkatkan tekanan internasional bagi Israel untuk lebih transparan tentang senjata nuklirnya.

Selama pertemuan Selasa lalu antara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Presiden AS Barack Obama, kedua pemimpin membahas tantangan global proliferasi nuklir dan kebutuhan untuk memperkuat sistem nonproliferasi.

Mereka juga membahas seruan untuk menghadiri konferensi di Timur Tengah yang bebas nuklir, yang akan dilakukan selama tahun 2010 atas Perjanjian Non-Proliferasi (NTP) berdasarkan tinjauan dari hasil konferensi di New York.

Obama menginformasikan kepada Netanyahu bahwa Amerika Serikat akan menegaskan bahwa konferensi tersebut memiliki agenda yang luas untuk memasukkan isu-isu keamanan regional, verifikasi dan kepatuhan dan diskusi tentang semua jenis senjata pemusnah massal.

Obama menekankan konferensi hanya akan terjadi jika semua negara "merasa yakin bahwa mereka dapat hadir," dan mengatakan bahwa upaya untuk memilih Israel akan membuat prospek konferensi tersebut tidak mungkin berhasil.

Kedua pemimpin setuju untuk bekerja sama untuk menentang upaya untuk memilih Israel di Konferensi Umum IAEA pada bulan September mendatang.

Obama menekankan bahwa AS akan terus bekerja sama dengan Israel untuk memastikan bahwa inisiatif kebijakan pengawasan senjata, tidak akan mengurangi keamanan Israel, dan AS mendukung upaya bersama untuk memperkuat perdamaian internasional dan stabilitas.

Dan Meridor, wakil perdana menteri Netanyahu yang bertanggung jawab untuk urusan nuklir, mengatakan dukungan Obama tersebut tidaklah baru, tetapi hal itu merupakan ekspresi kepada publik - dua bulan setelah Washington mendukung usulan Mesir pada konferensi Nuclear Non-Proliferation Treaty (NPT) - sebagai sesuatu yang signifikan.

"Pernyataan Obama itu tanpa ragu merupakan teks khusus dan signifikan. Ini sangat penting bagi kami, dan itu penting bagi wilayah timur tengah," kata Meridor.

Israel tidak membenarkan atau membantah memiliki senjata nuklir di bawah sikap ambiguitas mereka.

Keengganan resmi dan toleransi Washington kepada Israel, telah lama merugikan banyak orang Arab dan Iran - terutama karena adanya tekanan terhadap pimpinan di Teheran untuk mengekang program nuklirnya. ( Sumber www.eramuslim.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar